Manfaat utama ekstrak bilberry adalah untuk mengurangi risiko pembentukan makula dan penyakit mata terkait usia lainnya; glaukoma, katarak dan penglihatan malam yang buruk. Manfaat ini kemungkinan karena antioksidan yang dikandung buah beri.

Vitamin A antioksidan adalah yang paling penting untuk penglihatan yang baik. Kekurangan kenyamanan keamanan mata vitamin A selama masa kanak-kanak dapat menyebabkan kebutaan. Faktanya, ratusan ribu anak yang kekurangan gizi menjadi buta setiap tahun karena kekurangan vitamin A dalam makanannya.

Kekurangan vitamin A terjadi terutama di negara maju dan berkembang. Ini tidak menjadi masalah di negara maju, seperti AS, sejak diperkenalkannya sereal yang diperkaya dan penggunaan multi-vitamin yang umum untuk anak-anak.

Namun, seiring bertambahnya usia, mereka mungkin gagal mengonsumsi vitamin atau mendapatkan cukup vitamin A dalam makanannya. Kebutaan malam pada orang dewasa dan klinik mata bekasi orang lanjut usia dapat terjadi sebagai akibat dari kekurangan vitamin A, walaupun sebenarnya tidak ada kekurangan yang sebenarnya.

Sumber makanan dan suplemen terbaik dari vitamin A adalah yang menyediakan beta-karoten. Vitamin A bisa menjadi racun dalam dosis besar. Beta-karoten diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A sesuai kebutuhan. Jumlah yang berlebihan akan dibuang begitu saja bersama dengan produk limbah lainnya.

Baca Juga : Pengobatan Herbal

Ekstrak bilberry bukanlah sumber beta-karoten. Ini adalah sumber antioksidan lain yang disebut antosianin.

Antosianin ditemukan di banyak jenis buah beri. Dalam simposium 2007 tentang manfaat kesehatan buah beri, para peneliti mengatakan ada cukup bukti untuk menunjukkan manfaat potensial dalam:

· Pencegahan kanker
· Penuaan (seperti penyakit mata terkait usia yang disebutkan di atas)
· Penyakit saraf
· Penyakit inflamasi
· Diabetes
· Depresi
· Kecemasan
· Infeksi bakteri yang resisten terhadap anti biotik

Ada juga bukti yang menunjukkan ekstrak bilberry dan sumber antosianin lain mungkin bermanfaat dalam pengobatan kanker. Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa antioksidan menghambat pertumbuhan sel-sel pramaligna dan menyebabkan sel kanker mati lebih cepat, mengurangi peradangan yang berperan dalam pertumbuhan tumor dan mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang akan memberi makan tumor. Nutrisi juga meminimalkan kerusakan yang dilakukan pada DNA seluler oleh kanker.

Meskipun manfaat ini mungkin terdengar luar biasa, penting untuk tidak terlalu bersemangat tentangnya. Penelitian tersebut dilakukan dalam upaya mempromosikan manfaat kesehatan dari makan buah beri. Jika Anda ingin hidup sehat dan panjang umur dan memiliki penglihatan yang baik ketika Anda bertambah tua, Anda membutuhkan berbagai nutrisi setiap hari. Ekstrak bilberry tidak dapat memberikan semua yang Anda butuhkan. Tidak ada satu nutrisi pun yang jauh lebih penting dari yang lain.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup beta-karoten dalam makanan Anda, tetapi Anda mengonsumsi bilberry secara teratur, Anda masih bisa menderita rabun senja. Ekstrak dari bilberry bukan satu-satunya nutrisi yang terbukti bermanfaat untuk penyakit mata terkait usia. Sebagai contoh, penelitian lebih lanjut telah dilakukan mengenai manfaat antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam mencegah degenerasi makula.

Suplemen multi-nutrisi yang baik dapat memberikan semua yang Anda butuhkan untuk menjaga mata dan seluruh tubuh Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia. Suplemen yang lebih baik termasuk ekstrak bilberry sebagai komponen dari “campuran kesehatan mata”.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *